Buku Tamu

Silahkan berikan komentar dan saran Anda di bawah ini, jika berkenan cantumkan juga alamat email dan atau alamat blog Anda, Insya Allah saya juga akan berkunjung ketempat Anda, terima kasih.

Anda dapat meninggalkan/memberikan tanggapan, atau trackback dari Situs Anda sendiri.

58 Responses to “Buku Tamu”

  1. Hubertus says:

    Malam Pa . . bagaimana kabar Pa
    Pa mau tanya barangkali ada driver printer canon IP 277i
    terima kasih sebelumnya
    Bila ada apload aja Pak
    maturw nwun

    Selamat malam juga, terima kasih telah berkunjung, Insya Allah nanti kalo udah dapat akan saya upload, tapi Mas Hubertus udah googling blum ya… :)
    kalo udah dan gak ketemu coba link ini Cannon IP Semoga dapat membantu

    • IMANUEL_C1257201019_kls A says:

      Selamat malam Pak.
      Komenter dan saran saya mengenai perkuliahan Aplikasi Perkantoran II adalah sebagai berikut:
      A.Materi yang disampaikan cukup jelas,walaupun kami sering ribut sewaktu Bapak menjelaskan tetapi setidaknya Bapak bisa memahami kelakuan,maupun tindakan kami,walaupun begitu kami masih punya satu tujuan dan prinsip,dalam mengikuti perkuliahan.
      B.Media yang digunakan saya rasa belum memadai,dikarenakan bayak alat-alat bantu perkuliahan yang tidak bisa digunakan,dan settingnya pun kurang baik karena disaat kami mengoperasikan komputer,komputernya bisa mati sendiri sehingga kami pun panik.
      C.Mengenai jadwal Perkuliahan saya rasa tidak ada masalah.
      D.Cara penyampaian materi cukup baik,walaupun komunikasi Bapak dengan mahasiswa kurang,dan suasana terlalu tegang sehingga lamban untuk kami bisa memahami materi yang disampaikan.
      E.Contoh kasus,nyaaaa butuh ketelitian dan pengertian saja saya rasa dalam perkuliahan ini.

    • mas Hubertus says:

      mlm Pak, bagaimana kabar ! semoga sehat2 saja harapan dari saya. Pa Barangkali ada software foxpro 9 …please pa minta tolong bila ada mohon diapload .
      terima kasih sebelumnya

      • Digdoyo suparno says:

        Alhamdulillah Sehat, trimakasih do’anya ya. Waduh Maaf ya softwarenya besar kalo mau ke kampus aja di copy gimana

        • Hubertus says:

          terima kasih banyak atas tawaran dan undangannya pak dan juga baik hatinya tapi sayang seribu sayang saya lagi jauh ini pa …ada pelatihan oprator padamu negeri di kupang NTT…hanya tawaran saja semoga kapan ada waktu dari bapak akan diapload …saya tetap stand by dgn isi buku tamu di mbah digdoyo..tks

  2. Darwira says:

    Selamat sore pak, saya mahasiswa STMIK Palangkaraya, mau tanya barangkali aja bapak punya modul Power Point 2007, untuk bahan belajar menggadapi Uji Kompetensi.kalau ada upload aja pak :)
    Terimaksih Sebelumnya

    Maaf belum punya, nanti kalo punya pasti aku upload juga. Mas Darwira udah search di Eyang Google Blum, coba aja dulu pasti banyak

  3. Suwandy says:

    Slamat mlm Pa, mf menganggu sbntar , Pa Saya mau nanya barang kali Bapa punya APLIKASI Photoshopcs7 & CoreldrawX5,
    kalau ada apload aj Pa. Trima kasih sebelumnya , mat malam.

    Maaf belum punya, yang ada ya yang udah tampil di halaman donlot itu aja, nanti kalo ada pasti aku share juga, Mas Suwandi coba aja gogling sama mbah google.

  4. Assalamu’alaikum.wr.wb
    Berdasarkan pendapat saya,
    a). Materi yang disampaikan sangat jelas, mudah dipahami dan mudah dikerjakan.
    b). Materi/Alat Bantu perkuliahan , saya kira sudah lebih dari cukup.
    c). Jadwal Kuliahnya tidak masalah, tidak tabrakan dengan mata kuliah lain, cuma kemaren ketinggalan karena ketika jadwalnya masuk bertepatan dengan tanggal merah, hari libur dsb.
    d). Cara Penyampaian , Menurut saya secara pribadi, bapak sudah menyampaikan materi sangat bagus, sangat detail,sabar dalam mendampingi Mahasiswa yang masih belum memahami materi.
    e). Contoh/Kasus yang dberikan , sesuai dengan kasus yang akan kita hadapi dalam dunia kerja yang akan datang.

    Saran saya :
    Untuk materi praktek ini sepertinya pertemuan 2 SKS itu kurang, 1 kali pertemuan hanya 100 menit, belum dikurangi keterlambatan masuk, waktu menyalakan komputer belum lagi ada pertanyaan-pertanyaan mahasiswa bagi yang beum mengerti, jadi pada saat kita belajar seperti dikejar waktu, materinya masih banyak namun karena waktunya mepet jadi harus dikuasai dalam waktu yang singkat, belum lagi ada praktek matakuliah lain, jadi mungkin ini menjadi sedikit beban bagi beberapa mahasiswa yang sedikit sulit mengerti.

    Saya kira hanya itu saja Komentar dan Saran dari saya, Mohon maaf jika ada kata yang kurang berkenan, Terimakasih…
    Wassalamu’alaikum.wr.wb

  5. Assalamualaiku Wr.Wb.

    saya ingin memenuhi komentar dan saran mengenai aplikasi perkantoran II yang bapa ajarkan.
    a. materi yang disampaikan: saya harap aplikasi microsoft yang diajarkan di kembangkan lagi contohnya seperti microsoft 2007.

    b. media alat bantu perkuliahan menurut saya tidak masalah tetapi cuman ada sesekali ada kekurangan komputer karena sebagian komputer yg rusak.

    c. jadwal kuliah tidak masalah.

    d. cara penyampaian materi cukup ngerti tetapi penyampaiannya masih kurang detail.

    e. contoh/kasus yang diberikan tidak masalah tapi agak susah dikit..hehehe…

    maaf apabila ada salah-salah kata dalam komentar dan saran ini saya ucapkan terima kasih.!! :D

  6. SLAMAT SIANG…
    Berikut komentar dan saran saya terhadap mata kuliah aplikasi perkantoran II :
    menurut saya,
    A. materi yng di sampaikan sudah mengenai sasaran materi pada ketentuan dari modul, dan itu saya terima dengan baik.
    B. media/alat bantu perkuliahan sudah memenuhi kecukupan sebagai mana layak buat kita “mahasiawa” buat melakukan peratikum.
    C. Jadwal perkuliahan dapat di jalankan dengan baik dan tanpa terkecuali ada halangan yang mengakibatkan jadwal itu bisa berubah dalan keadaan tertentu.
    D. cara penyampaian materi sangat baik dan sangat sabar (y)
    E. contoh/kasus yang di berikan menantang buat mengetahui hasil akhir dri kasus itu bagaimna .
    sekian komentar dari saya………
    TRIMAKASIH..

  7. Selamat Siang Bapak..

    Berikut saya sampaikan komentar serta saran untuk mata kuliah Aplikasi Perkantoran II :

    A. materi yang Bapak sampaikan ke kami sudah sesuai dengan materi pada ketentuan dari modul yang bapak berikan, dan itu dapat saya terima dengan baik.
    B. media/alat bantu perkuliahan sudah memenuhi kecukupan sebagai mana layak buat kami sebagai mahasiswa untuk melakukan peratikum.
    C. Jadwal perkuliahan dapat di jalankan dengan baik dan tanpa terkecuali ada halangan yang mengakibatkan jadwal itu bisa berubah dalan keadaan tertentu tapi masih bisa kami terima…
    D. Cara penyampaian materi sangat baik dan sangat sabar..
    E. contoh/kasus yang di berikan sangat membuat kami bisa tambah mengerti dengan materi kuliah yang bapak ajarkan..
    Mungkin itu saja komentar dari saya…
    Terima Kasih..

  8. Assalamualaikum,wr,wb
    Demi memenuhi jawaban soal no.6 saya memberikan komentar sebagai berikut:

    a.Materi yang disampaikan,,meningkatkan kualitas pembelajaran, contohnya aplikasi MICROSOFT terus diupdate pembaharuannya..

    b.Media yang ada cukup memadai, cuma ada beberapa komputer yang bermasalah

    c.jadwal kuliahnya sudah sesuai dengan yang dijadwalkan

    d.Cara penyampaian materi, menurut saya kurang dalam penyampaiannya…

    e.contoh/kasus yang diberikan sudah sesuai dengan yang diajarkan..

    Sekian komentar/saran saya,, mohon maaf apabila ada kekeliruan dalam komentar ini pak. Terima kasih..

    wassalamualaikum wr,wb….. :)

  9. selamat siang pak..
    Sesuai soal no.6 saya akan memberi komentar dan saran mengenai perkuliahan AP2 yang meliputi :

    a. Materi yang disampaikan sudah sesuai dengan yang ada pada modul..namun tidak terikat pada modul mohon diberi pembelajaran yang diluar modul untuk menambah pengalaman yang mungkin kami tidak tahu.

    b. Media/Alat bantu perkuliahan : untuk fasilitas sudah memadai hanya ada sebagian komputer bermasalah, sebenarnya tidak masalah selama jumlah komputer nya menjangkau jumlah mahasiswanya dan tidak ada yang ganggur..

    c. Jadwal Kuliahnya : sudah sesuai dengan yang dijadwalkan.

    d. Cara Penyampaian Materi :untuk penyampaian materi saya sudah cukup mengerti..

    e. Contoh/kasus yang diberikan : sudah sesuai dengan materi..namun jika kami tidak dapat mengulas rumus2nya dan berakhir tidak tahu..mohon untuk diberi jawaban yg benarnya..untuk pembelajaran..

    mungkin hanya itu yang dapat saya komentarkan, mohon maaf bila ada salah kata..hehe :D

  10. Dwiki Adrian Octavianto says:

    Selamat Siang Pak
    Untuk Komentar dari saya tentang
    a) Materi yang disampaikan sudah sangat jelas dan dapat d pahami secara umum.
    b) Untuk Media/Alat bantu perkuliahan. Yah, saya rasa cukuplah untuk layak pakai. Namun masih ada beberapa komputer yang sulit sekali di jalankan (di hidupkan, di runing, dan terkait dengan kata rusak atau apalah namanya)
    c) Jadwal kuliah cukuplah, hanya saja untuk kelas kami sering kena tanggal merah/hari libur. Jadinya sedikit kepleset deh jadwalnya.
    d) Cara Penyampaian, secara pribadi yah, bapak sudah menyampaikan materi sangat bagus, detail, sabar. Khususnya sabar dengan mahasiswa yang masih belum memahami.
    e) Dan untuk contoh kasus, saya rasa suatu saat akan keluar di masa depan. Paling tidak di dunia kerja.

    Ya, saya rasa hanya itu yang bisa komentari.
    Mohon maaf jika dalam penulian kata terlalu kasar, dsb.
    Terima Kasih.

  11. Cila C1257201046 Kelas : A says:

    Selamat Siang Pak,bersangkutan dengan tugas yang diberi pada no.6,disini saya akan memberikan Komentar dan saran mengenai perkuliahan Aplikasi perkantoran selama saya menempuh mata kuliah ini…^_^ yang meliputi :

    a.Menurut saya Materi yang disampaikan selama perkuliahan lebih dari cukup memenuhi pelajaran yang ada pada Modul dan dapat saya terima dengan baik.

    b.Media/alat bantu perkuliahan saran saya,mohon lebih ditingkatkan lagi penyetingan2 pada media/alat komputernya…karena sering kali kami ketika sedang melakukan praktek dan pada saat UAS tadi..komputernya tiba2 mati,,dan kami kadang kesulitan membuat apa yang harus kami kerjakan lagi dengan waktu yang singkat..^_^

    c.Jadwal kuliah tidak ada kesulitan menurut saya..jam dan harinya tidak bertabrakkan dengan jadwal lain.

    d.Cara penyampaian materi,menurut saya sangat jelas..hanya kami saja biasanya yang kurang memperhatikan penjelasan Bapak..

    e.Contoh/kasus yang diberikan,biasanya saya bisa bingung sendiri dengan kasus2 yang diberikan karena jika ada sedikit kesalahan saya langsung panik dan langsung bertanya dengan teman saya…seperti pada saat UAS tadi…rumus jumlah harga punya saya tadi tidak bisa dijalankan..karena begitu, saya putuskan untuk tidak menambahkah jumlah harganya..dan dikumpul dengan apa adanya.

    Saya sadar selama perkuliahan ini saya kurang memperhatikan banyak apa yang dijelaskan oleh bapak…untuk kedepannya saya berharap bapak masih bisa membimbing kami walaupun tidak menjadi dosen perkuliahan kami..saya berterima kasih atas bimbingan bapak selama ini.jika ada kata2 yang kurang menyenangkan dari saya,saya mohon maaf Pak.

    Mungkin hanya ini saran dan komentar yang bisa saya terapkan
    ^_^ Terima kasih…

  12. C1257201004 says:

    selamat sore pak sehubungan dengan tugas yang diberikan oleh bapa tentan bagaimana komentar dan saran saya mengenai:
    a.materi yangdisampaikan
    b.media/alatbantu perkuliahan
    c.jadwalkuliahnya
    d.cara penyampaian materi
    e.contoh/kasus yangdiberikan
    jawaban:
    a.menurut saya materi yang disampaikan oleh bapa cukup baik dan jelas
    b.media/alatbantu perkuliahan menurut saya cuykup baik misalnya pc semua bisa digunakan dan berfungsi dengan baik
    c.jadwal kuliah cukup baik karena jadwal kuliah kusus nya di aplikasi perkantoran perkuliahan dilakukan pada pagi hari dan itu tidak bertabrakan dengan jadwal kuliah yang lain
    d.cara penyampaian dari bapa cukup jelas bisa dimengerti,den bapa dalam menyampaikan materi cukup sabar
    e.contoh /kasus yang diberikan dalam pemberian materi yaitu diantara nya adalah menjawab soal,latihan menyelesaikan suatu permasalah pada mkumputer misal nya perhitungan mengunakan rumus excel dan lainlain
    tetapi ada kesulitan dalam pemahaman nya

  13. C1257201004 says:

    selamat sore pak sehubungan dengan tugas yang diberikan oleh bapa tentan bagaimana komentar dan saran saya mengenai:
    a.materi yangdisampaikan
    b.media/alatbantu perkuliahan
    c.jadwalkuliahnya
    d.cara penyampaian materi
    e.contoh/kasus yangdiberikan
    jawaban:
    a.menurut saya materi yang disampaikan oleh bapa cukup baik dan jelas
    b.media/alatbantu perkuliahan menurut saya cuykup baik misalnya pc semua bisa digunakan dan berfungsi dengan baik
    c.jadwal kuliah cukup baik karena jadwal kuliah kusus nya di aplikasi perkantoran perkuliahan dilakukan pada pagi hari dan itu tidak bertabrakan dengan jadwal kuliah yang lain
    d.cara penyampaian dari bapa cukup jelas bisa dimengerti,den bapa dalam menyampaikan materi cukup sabar
    e.contoh /kasus yang diberikan dalam pemberian materi yaitu diantara nya adalah menjawab soal,latihan menyelesaikan suatu permasalah pada mkumputer misal nya perhitungan mengunakan rumus excel dan lainlain
    tetapi ada kesulitan dalam pemahaman nya
    terimakasih.

  14. Udun says:

    Selamat sore Pak, berhubungan perkuliahan Mata kuliah Aplikasi Perkantoran II sudah berakhir sampai dengan erakhirnya UAS pada hari ini, mungkin tidak banyak saran yang saya berikan, yang pertama :

    A. MATERI YANG DISAMPAIKAN
    Penyampaian materi mata kuliah aplikasi perkantoran yang Bapak pegang tidak melenceng dari modul yang bapak kasih dan sangat membantu saya belajar di rumah walaupun masih ada kesulitan, namun saya akn berusaha untuk berusaha. hehehehe……^_^

    B. MEDIA/ALAT BANTU PERKULIAHAN
    Tentunya sangat baik, walaupun sebagian banyak yang gk berfungsi penuh.
    C. JADWAL KULIAH
    Untuk Aplikasi Perkantoran jam 09:00 WIB bagus pikiran masih fresh kndalanya karena kami kelas A SI jam 07:00 WIB masuk Pengenalan Internet kadang-kadang kami lambat masuk Aplikasi Perkantoran.
    D. CARA PENYAMPAIAN MATERI
    Baik, santai tidak terlalu tegang untuk kami yang mengikuti perkuliahan Aplikasi Perkantoran dan kami pun nyaman mengikutinya.
    E. CONTOK KASUS YANG DIBERIKAN
    Sangat membantu kami dalam belajar, yang sebelumnya kami tidak tahu/tidak mengerti kami bisa tahu dan bisa mengerti. Terima Kasih Pak.

  15. Mirnawati says:

    Assalamu’alaikum.Wr.Wb
    Berikutnya saya akan menyampaikan komentar serta saran saya selama saya mengikuti perkuliahan Aplikasi perkantoran II:
    a.materi yang disampaikan sangat jelas
    b.materi atau alat bantu perkulihan kurang memadai dikarenakan banyak komputer yang tidak dapat digunakan saat melakukan praktek pelajaran.
    c.Dalam point jadwal mata kuliah Aplikasi perkantoran II sejauh ini tidak ada masalah.
    d.Cara penyampaian meteri menurut saya sangat baik,mudah dimengerti dan dipahami.
    e.Contoh atau kasus yang diberikan sesuai dengan dunia kerja

  16. Assalamu’alaikum.wr.wb
    Menurut Pendapat Saya,
    A.Materi yang di sampaikan cukup mudah untuk di pahami,

    B.Media atau alat bantu perkuliahan, sebelum pindah ke lab baru banyak kendalanya contoh nya mouse sering tidak berfungsi dengan baik, dan banyak komputer yang tidak dapat menyala,

    C.Jadwal Kuliahnya, untuk jadwal tak masalah tapi untuk jam masuk sering tak ter jadwal dengan baik,

    D.Cara Penyampaian Materi,Menurut saya untuk penyampaian bapak jelas,detai, dan juga sabar menghadapi pertanyaan-pertanyaan yang kami ajukan,

    E.Contoh atau Kasus Yang Diberikan, Sangat Bermanfaat untuk saya Contoh-Contoh yang bapak berikan dan Tugas-tugas Mandiri nya,

    Saran Saya:
    Untuk Aplikasi perkantoran II ini untuk 2 sks menurut saya kurang karena saat masuk lab untuk menyalakan komputer saja perlu 5 menit belum lagi saat ada yang bertanyaa tetang rumus yang di masukan dan juga keterlambatan masuk dan lain-lain.

    Komentar:
    itu saja yang dapat saya sampaikan kurang lebih nya dan tulisan saya yang tidak berkenan mohon di maaf kan pak,
    Terimakasih pak atas bimbingan nya selama ini,
    Wassalamu’alaikum.wr.wb

  17. Wahyu Ramadhan C1057201041 says:

    Assalamu’alaikum,Wr,Wb
    Selamat Pagi
    Demi memenuhi jawaban soal no.6 saya memberikan komentar sebagai berikut:

    A.Materi yang disampaikan : Alhamdulillah materi yang disampaikan sangat berguna bagi kami mahasiswa,untuk lebih menguasai MICROSOFT OFFICE

    B.Media/Alat bantu perkuliahan : Ada sebagian komputer yang bermasalah,tapi Media yang lainnya baik-baik saja

    C.jadwal kuliahnya : Sudah sesuai dengan yang dijadwalkan

    D.Cara penyampaian materi : menurut saya alhamdulillah bisa di mengerti walaupun kadang bingung dan ketinggalan pas waktu dijelaskan bapa

    E.Contoh/kasus yang di berikan : Sangat bagus buat pembelajaran kami Mahasiswa,karena COntoh/Kasus yang diberikan pasti akan dipakai pada saat kami bekerja nanti.

    Sekian komentar/saran saya, mohon maaf apabila ada kekeliruan dalam komentar ini pak. Terima kasih.

    Wassalamu’alaikum Wr,Wb.

  18. Komentar dan saran mengenai perkuliahan aplikasi perkantoran II:
    A.Materi yang disampaikan cukup jelas meskipun sering ribut dalam ruangan,,
    B.Media di lab cukup memadai, meskipun sebagian tidak bisa dipakai,,,,
    C.Mengenai jadwal kuliah cukup jelas dan teratur,,,
    D.Penyampaiyan materi cukup baik dan jelas dan bisa kami pahami semua,,,
    E.Contoh atau kasus yang diberikan sangat sulit, heheee (^_^) karena membutuhkan ketelitian dan pengertian dalam memahami Rumus-rumus yang membuat pusiiing sekaligus mata jd ngejreng,,,tapi mengasikkan…
    “TERIMAKASIH PAK BUAT SEMUANYA”
    “SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA”

  19. Assalamualaikum.
    Selamat sore pak.
    Komentar dan saran saya mengenai perkuliahan aplikasi perkantoran II meliputi:
    A.Materi yang disampaikan cukup jelas meskipun kami selalu ribut dalam ruangan tapi bapak bisa memahami, mengerti kelakuan kami dan memberi kami pengaranhan-pengarahan ,..
    B.Media di lab cukup memadai, meskipun sebagian tidak bisa dipakai,..
    C.Mengenai jadwal kuliah cukup jelas dan teratur,..
    D.Penyampaiyan materi cukup baik dan jelas dan bisa kami mengerti dan pahami semua,..
    E.Contoh atau kasus yang diberikan sangat sulit, karena membutuhkan ketelitian dan pengertian dalam memahami Rumus-rumus yang membuat kita pusiiing,,, tapi meskipun begitu,kami tetap antusias untuk mencarinya sampai dapat,,hehee,,,(^_^)

    “TERIMAKASIH PAK BUAT SEMUANYA”

  20. Zulfi Akbar says:

    السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
    Slamat Malam pak,..
    Komentar dan saran saya mengenai perkuliahan praktikum aplikasi Perkantoran II yg meliputi :
    A. Materi yg disampaikan Baik dan tidak ada masalah, menurut saya materi yg disampaaikan baik dan cukup jelas…
    B. Media atau alat bantu perkuliahan cukup meskipun sebagian komputer rusak /tidak mau hidup, tetap tidak menghampat jalannya perkuliahan.
    C. Jadwal kuliah tidak masalah, fine fine fine,.. :)
    D. Cara Penyampaian materi sangat jelas dan bagus,…
    E. Contoh/kasus yg diberikan cukup sulit, tapi sebenarnya mudah kalau memang dipelajari lebih teliti, hanya saja banyak mata kuliah praktikum lain , jadi membuat waktu pembelajaran terbagi…
    Demikian Komentar dan saran saya Pak, Kurang dan leebihnya saya Mohon Maaf..
    وَعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

  21. Yulia Prihartaty says:

    Komentar dan saran saya mengenai Perkuliahan Aplikasi Perkantoran II yg meliputi:
    a. Materi yang di Sampaikan
    Menurut saya materi yg disampaikan sangat bermanfaat bagi saya, dan dari materi ini juga saya bisa tahu bagaimana cara mengerjakan soal yg di berikan oleh bapa, dan dari materi ini juga saya mengetahui cara menggunakan microsort word atau microsoft yg lain nya…
    b. Media / Alat Bantu perkuliahan
    Nah,dari media alat bantu perkuliahan ini aku bisa belajar apa yg di jelas kan oleh bapa dimuka, tapi alat nya banyak yg gk berfungsi jadi susah, pindah tempat duduk terus,tapi alat bantu ini lebih dari cukup kok untuk bisa belajar apa yg dijelaskan oleh bapa…
    c. Jadwal Kuliahnya
    Kalo Jadwal Kuliahnya sih, oke oke aja tuh menurut saya pas hari nya hari sabtu dari pada ada yg kosongkan, dan jadwal kuliah nya gk da masalah kok kalo menurut saya…
    d. Cara Penyampaian Materi
    Dalam penyampaian materinya kalo menurut saya bapa terlalu cepet ngejelasin nya agak bingung dikit jadi nya , tapi dalam penyampaian materinya bapak baik juga , mau mengajarkan berulang-ulang kali ke mahasiswa yg belum begitu paham, tapi jangan kecepetan ya pa ngejelasin nya , saya jadi agak ketinggalan dikit pak,untung masih bisa ngejar….hehehehe
    e. Contoh / Kasus yang Diberikan
    Dari awal masuk perkuliahan perkantoran II , contoh / kasus nya mudah aja, tapi selanjut nya makin ribet, tapi itu semua saya pelajari dari apang yang dijelaskan oleh bapa, semuanya saya ikutin dan saya tiru, ternyata saya bisa walaupun kasus nya setiap pertemuan semakin rumit, tapi di saat UTS saya tidak bisa mengerjakan nya pak,karena saya tidak ingat rumus nya, dan nilai saya pun jelek sampai saya ikut UTS ulang, namun ternyata saat UTS ulang saya tetap lupa rumus nya pak.

  22. Zulfi Akbar says:

    السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
    Slamat Malam Pak,.. :)
    Komentar dan saran saya mengenai perkuliahan Aplikasi Perkantoran II yg meliputi :
    A. Materi yg disampaikan baik dan sangat jelas, dapat dipahami.
    B. Media / alat bantu perkuliahan cukup memadai dan tidak masalah meskipun sebagian komputer untuk praktikum tidak mau hidup , tetapi tetap mencukupi dan tidak menghampat jalannya perkuliahan.
    C. Jadwal Perkuliahan tidak masalah,.. semakin Banyak Jadwal masuk yg ditambahkan semakin baik selagi tidak menggangu/ bertabrakan dgn jadwal kuliah lain…
    D. Cara penyampaian materi bagus dan sangat jelas hanya saja mahasiswanya yg kurang memperhatikan,…
    E. Contoh Kasus yg diberikan cukup rumit dan sulit tetapi memang sesuai dgn materi yg diajarkan.. tetapi sebenarnya Kasus yg diberikan sangat mudah dikerjakan dan dipahami jika memang mempelajarinya dgn benar2, hanya saja waktu yg kurang dan banyak mata kuliah lain yg harus dipelajari,.
    demikian komentar dan sarsan saya Pak,.. Kurang dan lebihnya saya mohon Maaf dan dimaklumi,.. TWRIMA KASIH bANYAK PAK ATAS SEMUANYA. :) :)
    السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

  23. Try Mufti says:

    Assalamu’alaikum.wr.wb
    Selamat malam Pak, saya ingin memberikan sedikit komentar atau saran mengenai perkuliahan Aplikasi Perkantoran II yang meliputi:
    a. Materi yang disampaikan, sudah jelas dan sesuai dengan materi yang diberikan.
    b. Media/Alat bantu perkuliahan, sudah cukup memadai, walaupun masih ada yang sedikit bermasalah.
    c. Jadwal kuliah, sudah sesuai dengan jadwal yang ditentukan walaupun untuk kelas kami ada sedikit keterlambatan karena jadwal yang sering bertepatan dengan tanggal merah.
    d. Cara penyampaian materi, menurut saya penyampaian yang bapak berikan sudah jelas, dan saya salut dengan bapak yang sangat sabar dalam menghadapi mahasiswa yang masih belum mengerti.
    e. Contoh/Kasus yang diberikan,sudah sesuai dan semoga saja kasus yang diberikan akan sangat bermanfaat untuk digunakan dalam dunia kerja.

    Mohon maaf yang sebesar – besarnya bila ada kata – kata salah atau tidak berkenan dihati, saya ucapkan Terima Kasih atas bimbingan Bapak selama memberikan materi aplikasi perkantoran II.

  24. sariffudin_c1257201011 says:

    Assalamu’alaikum.wr.wb
    Pendapat saya:
    a). Materi yang disampaikan sangat jelas, mudah dipahami dan mudah dikerjakan.
    b). Materi atau alat Bantu perkuliahan , saya kira sudah lebih dari cukup.
    c). Jadwal Kuliahnya : sudah sesuai dengan yang dijadwalkan.
    d). Cara Penyampaian , Menurut saya secara pribadi, bapak sudah menyampaikan materi sangat bagus, sangat detail,sabar dalam mendampingi Mahasiswa yang masih belum memahami materi.
    e). contoh kusus yang di berikan
    Sangat membantu kami dalam belajar, yang sebelumnya kami tidak tahu,tidak mengerti kami bisa tahu dan bisa mengerti.

    mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan, mohon maaf apabila ada kesalahan2 diwaktu perkuliahan ,munkin itu saja yang bisa saya sampai kan trimakasih , assalamu’alaikum.wr.wb.

  25. Hikmah_kLs A says:

    Assalamu’alaikum.wr.wb

    Berdasarkan pendapat saya,
    a). Materi yang disampaikan sangat jelas, mudah dipahami dan mudah dikerjakan.
    b). Materi/Alat Bantu perkuliahan , saya kira sudah lebih dari cukup.
    c). Jadwal Kuliahnya tidak masalah, tidak tabrakan dengan mata kuliah lain.
    d). Cara Penyampaian , Menurut saya secara pribadi, bapak sudah menyampaikan materi sangat bagus, sangat detail,dan sabar dalam mendampingi Mahasiswa yang masih belum mengerti.
    e). Contoh/Kasus yang dberikan , sesuai dengan kasus yang akan kita hadapi dalam dunia kerja yang akan datang.

    Saya Mohon Ma’af apabila dalam pembelajaran APK II saya ada melakukan kesalahan, yang disengaja atau pun tidak sengaja, Dan saya Ucapkan terima kasih banyak atas Bimbingan bapak dalam mengajarkan APK II.
    Semoga Bapak Sehat Selalu, Aamiin

    Wassalamu’alaikum.wr.wb

  26. Adbul Shomad says:

    Assalamu’alaikum Wr.Wb.

    Saya Abdul Shomad (C1257201014) dari jurusan Sistem Informasi Kelas A, akan memberikan komentar dan saran dalam rangka menyelesaikan Soal UAS Aplikasi Perkantoran II. berikut komentar dan saran saya:

    a. Materi yang disampaikan,
    Tentang materi “Aplikasi Perkantoran II” yang disampaikan oleh bapak, menurut saya sudah sangat baik, dan mungkin akan sangat berguna di masa depan. terutama dalam dunia kerja.

    b. Media/Alat bantu perkuliahan,
    Jika membahas tentang media/alat bantu perkuliahan terutama “Modul Praktikum Aplikasi Perkantoran II” yang dapat di unduh di web ini secara gratis sudah sangat bagus dan bermanfaat untuk memudahkan mahasiswa untuk mengikuti perkuliahan dengan baik, namun untuk fasilitas Lab. Komputer di kampus kita ini masih perlu dibenahi agar proses perkuliahan berjalan lebih maksimal.

    c. Jadwal kuliah,
    Menurut saya untuk perkuluiahan “Aplikasi Perkantoran II” ini sudah terjadwal dengan sangat baik. sehingga tidak ada masalah bagi saya pribadi.

    d. Cara penyampaian materi,
    Dalam hal penyampaian materi, saya rasa bapak sudah berusaha maksimal, dan hasilnya cukup baik bagi saya pibadi dalam memahami semua materi yang bapak sampaikan, meskipun ada sedikit materi yang kurang saya pahami, tapi mungkin itu disebkan oleh saya sendiri yang mungkin kurang memperhatikan pada saat bapak menyampaikan materi :D

    e. Contoh/kasus yang diberikan,
    Menurut saya tentang contoh/kasus yang diberikan oleh bapak dalam materi perkuliahan sudah sangat sesuai dengan materi perkuliahan, terutama contoh kasus yang ada pada modul praktikum.

    Demikian komentar dan saran yang dapat saya sampaikan. Mohon dimaklumi jika dalam tulisan ini masih terdapat banyak kekurangan, dan saya mohon maaf jika selama perkuliahan berlangsung ada hal-hal atau perbuatan-perbuatan yang telah saya lakukan yang kurang berkenan di hati bapak. Atas semua yang bapak berikan selama berlangsungnya perkuliahan Aplikasi Perkantoran II, saya mengucapkan Terima Kasih.

    Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

  27. Rangga seta (C1257201033) says:

    Selamat Sore Pak.
    Komenter dan saran saya mengenai perkuliahan Aplikasi Perkantoran II adalah sebagai berikut:
    A.Materi yang disampaikan cukup jelas,walaupun kami sering ribut sewaktu Bapak menjelaskan tetapi setidaknya Bapak bisa memahami kelakuan,maupun tindakan kami,walaupun begitu kami masih punya satu tujuan dan prinsip,dalam mengikuti perkuliahan.
    B.Media yang digunakan saya rasa belum memadai,dikarenakan bayak alat-alat bantu perkuliahan yang tidak bisa digunakan,dan settingnya pun kurang baik karena disaat kami mengoperasikan komputer,komputernya bisa mati sendiri sehingga kami pun panik.
    C.Mengenai jadwal Perkuliahan saya rasa tidak ada masalah.
    D.Cara penyampaian materi cukup baik,hanya saja kami cukup lamban untuk kami bisa memahami materi yang disampaikan.
    E.Contoh kasus,nyaaaa butuh ketelitian dan pengertian saja saya rasa dalam perkuliahan ini.

  28. Hanggian Nor says:

    Assalamu’alaikum Wr.Wb
    SeLamat Malam Pa.

    Saya Hanggian Nor Bitullah Dengan NIM(C1257201026) Jurusan Sistem Informasi dari kelas A Ingin Menyampaikan Saran dan Komentar yang bersangkutan dengan jawaban UAS no.6 yang Meliputi:

    A). Untuk Materi yang Di sampaikan
    Selama perkuliahaan Ini materi “APLIKASI PERKANTORAN II” yang Di sampaikan Oleh Bapak begitu memperjelas saya untuk lebih mengetahui dunia kerja dan membuat saya lebih terangsang ingin lebih banyak mengetahui dunia Kerja.

    B). Untuk Media/Alat Bantu perkuliahaan
    Untuk Modul Saya sendiri merasa Sudah Cukup tapi untuk Ruangan Lab. Komputer Saya merasa masih ada kekurangan Karena Masih terdapat komputer Yang rusak dan mengakibatkan perkuliahaan menjadi kurang maksimal.

    C). Untuk Jadwal Kuliah
    Sudah terjadwal dengan Baik dan bapa dapat memulai perkuliahaan dengan tepat waktu hanya saja Karena kita masuk di pagi Hari AC jngan terlalu Dingin.

    D). Cara Penyampaian Materi
    Cara Penyampaian materi. Menurut Saya Tidak ada Kekuranngan sedikit pun karena Saya,Bisa di bilang jarang masuk masih bisa mengikuti materi yang bapa berikan Selama ini.

    E). Contoh/Kasus Yang diberikan
    Tidak ada sedikitpun yang melenceng dari materi perkuliahan dan Malah membuat materi lebih capat untuk di mengerti.

    Demikian yang Dapat saya sampaikan sebelumnya saya mengucapkan Ma’af apabila dalam penulisan ini masih terdapat beberapa kekurangan dan apabila Selama Perkuliahan ini ada kelakuan saya tidak berkenan dihati bapa mohon dimaklumi. Atas semua yang bapa berikan selama ini, Saya Ucapkan Terimakasih.

    wasala’mualikum Wr.Wb

  29. selamat malam pak, berhubungan dengan tugas yang bapak berikan, saya berpendapat :

    a). Materi yang disampaikan sangat jelas, mudah dipahami dan mudah dikerjakan.
    b). Materi/Alat Bantu perkuliahan , saya rasa sudah lebih dari cukup untuk memahami dan mempelajari materi yang diberikan oleh bapak.
    c). Jadwal Kuliahnya tidak masalah, tidak tabrakan dengan mata kuliah lain.
    d). Cara Penyampaian , Menurut saya, bapak sudah menyampaikan materi sangat bagus, sangat detail,sabar dalam mendampingi Mahasiswa yang masih belum memahami materi yang telah bapak berikan, dan juga saya merasa tidak bosan mengikuti kuliah Aplikasi perkantoran II.
    e). Contoh/Kasus yang dberikan , sesuai dengan kasus yang akan kita hadapi dalam dunia kerja yang akan datang.

    Saran saya :
    Untuk materi praktek ini sepertinya pertemuan 2 SKS itu kurang, 1 kali pertemuan hanya 100 menit, belum dikurangi keterlambatan masuk,materinya masih banyak namun karena waktunya sedikit jadi harus dikuasai dalam waktu yang singkat, belum lagi ada praktek matakuliah lain, jadi mungkin ini menjadi sedikit beban bagi beberapa mahasiswa yang sedikit sulit mengerti dan saya juga berpendapat hendaknya matakuliah yang hanya praktek dilap ,pertemuannya lebih banyak dari pada matakuliah yang hanya menjelaskan materi saja.

    Saya kira hanya itu saja Komentar dan Saran dari saya,terimakasih.:D

  30. fitri christiani says:

    malam bapa,saya cuma ingin menyampaikan komentar dan saran saya pengenai perkuliahan Aplikasi Perkantoran II yang meliputi:
    a). materi yang disampaikan sangat jelas dan bisa saya mengerti,tpi kalau bisa ditambah SKSnya jdi 3 biar kita dalam menempuhnya banyak yang paham.
    b). Media/Alat bantu perkuliahan kalau bisa di tingkatkan lagi biar di dalam perkuliahan kita bisa berjalan dengan lancar.
    c). Jadwal perkuliahan untuk sejauh ini tidak masalah tapi kalau bisa jangan pagi soalnya ruangannya dingin.
    d). Cara penyampaian bapa sangat bagus.
    e). Contoh/kasus yang disampaikan sangat dibutuhkan didalam dunia kerja..

  31. CoenseChere says:

    Taking Zoloft And Zyban Together Migraines In Men Treatment Rosuvastatin Side Effects Cholesterol Lowering purchase cheap rx vpxl. Sunblock Allergy Treatment No Prescription Buy Fluconazole Diflucan Information Online Prescription Imiquimod No Prescription Buy Aldara Drugs . Children Imodium Anti Percocet Dosage 10 325 . Plan B Entertainment Official Site Celexa Alcohol Withdrawal W4100 Tramadol Fedex Overnight No Prescription Buy Altace Where Methadone Mississauga Falls Clinic Spiriva Dry Mouth Shelly Wade’s Weight Loss Myspace

  32. Selamat Malam Pak,

    Komentar dan saran saya Untuk Mata Kuliah Aplikasi Perkantoran

    A, Materi yg disampaikan cukup baik untuk menunjang pengetahuan mengenai aplikasi perkantoran lebih mendalam.

    B, Menurut saya Media yang digunakan sudah cukup menunjang, karena selebihnya bisa di praktikan di rumah.

    C, Jadwal perkuliah tidak ada masalah

    D, penyampaian materi cukup baik

    E, Contoh atau kasus yg diberikan baik, menurut saya hampir sama dengan yg akan diterima di dunia kerja nantinya

  33. haryanto(C1257201035) says:

    assalamualaikum wr wb.

    mungkin saya tidak terlalu berkomentar banyak tetntang perkuliahan ini karena menurut saya alat,penjelasan,dan materi yang bapak sampaikan sudah sangat bagus dan jelas, jadi kami jadi lebih bisa memahami dengan baik,tapi mungkin ada saatnya kami blank/tidak mengerti materi apa yang bapak jelaskan mungkin itu “mahasiswa erorr” atau bisa dibilang itu adalah kesalahan kami sendiri, karena mungkin kami terlalu sibuk dengan urusan kami sendiri daripada materi <tpi itu terkadang .

    dan pada intinya secara keseluruhan bapak bagus dalam menjelaskan atau memberikan materi .

    "lanjutkan pak parno :) " .

  34. Terkait dengan adanya soal no 6,tentang memberi Komentar dan saran pada mata kuliah Aplikasi Perkantoran II,maka saya akan memberikan komentar dan saran sesuai dengan di pikiran saya,yang meliputi :
    A. Materi yang di sampaikan : materi yang di sampaikan sangat jelas dan sesuai dengan apa yang ada di modul.
    B. Media/alat bantu perkuliahan : mohon ditingkatkan lagi kualitas media komputernya,karena bisa mati sendiri dan banyak yang rusak.
    C. Jadwal Kuliahnya : tidak ada masalah atau baik-baik saja,dan sesuai dengan yang di jadwalkan.
    D. Cara penyampaian materi : sangat jelas
    E. Contoh/kasus yang di berikan : sangat sedikit bingung dengan rumus-rumusnya,padahal saya sudah benar memasukan rumusnya tapi malah error.

  35. Akhmad Royiansyah says:

    Assalamualakum wr.wb.
    berhubungan dengan soal nomor 6 yaitu tentang komentar dan saran mengenai perkuliahan Aplikasi Perkantoran II, maka berikut adalah komentar dan saran saya.
    A. Mengenai materi yang disampaikan dalam perkuliahan menerut saya sudah cukup baik dan jelas serta dapat saya terima dengan baik.
    B. Media/Alat bantu perkuliahan saya rasa sudah cukup baik meskipun ada beberapa Media/Alat bantu yang masih ada beberapa yang tidak dapat digunakan.
    C. Jadwal kuliah saya rasa tidak ada masalah.
    D. Mengenai cara penyampaian materi sudah sangat baik dan jelas.
    E. Contoh/Kasus yang diberikan berhubungan dengan dunia kerja, semoga bermanfaat nantinya dalam dunia kerja. amin

  36. Syam'ah says:

    Assalamulaikum …….

    a. Materi yang di sampaikan
    Materi yang di sampaikan lumayan mudah mengerti dan paham ,, karena selain cara penyampaian nya melalui penjelasan secara langsung dan selain itu juga ada di berikan modul praktikumnya nya juga ..maka dari itu memudahkan mahasiswa dalam mengerjakan praktikum dalam mata kuliah aplikasi perkantran ..
    b. Media/Alat bantu perkuliahan
    Dalam kategori ini media dan alat bantu dalam perkuliahan aplikasi perkantoran sangat memadai tapi kadang-kadang media pembelajarannya tidak mencukupi
    Misalkan dalam komputernya .Dalam pemakaian komputernya tidak terlalu mencakupi karena kadang-kadang ada komputer yang di pakai mahasiswa tidak baik atau eror bahkan rusak dan tidak bisa di pakai ….maka mahasiswa pun bakal gelabakan saat mengikuti praktikum aplikasi perkantoran tersebut.
    c. Jadwal kuliahnya
    Jadwal kuliah yang di jadwalkan baik-baik saja tapi hanya jam masuk dan keluar nya yang jadi masalahnya …
    Maksudnya jam masuk yang tidak tepat bahkan ngaret dan keluarnya yang tidak tepat jadwal dan tidak tepat waktu.
    d. Cara penyampaian meteri
    Cara penyampaian materi sangat lumayan bagus karena dosennya lumyan membantu misalkan mahasiswanya ada masalah dalam saat praktikum di laksanakan.
    e. Contoh/kasus yang di berikan
    Harus lebih spesifik aja dalam melaksanakan mata kuliah aplikasi perkantoran.

  37. muarif rakhman C1257201008 says:

    1. Materi yg disampaikan?
    Jawaban : materi yg disampaikan sangat berguna bagi saya, untuk menambah pengetahuan saya. Dan juga saya yakin suatu hari nanti saat saya kerja di salah satu instansi pasti menggunakan microsof excel,word,acces. Sehingga saya akan mudah mengerjakan pekerjaan saya, berkat pengetahuan dan keahlian yg saya dapatkan dari mata kuliah ini.
    2. Media/alat bantu perkuliahan?
    Jawaban : media atau alat bantu perkulliahan yg kami gunakan saat ini masih kurang memadai, soalnya masih ada beberapa PC yg rusak sehingga saat praktik terkadang ada mahasiswa yg tidak bisa mempraktikan materi yg di berikan. Terkecuali membawa laptop sendiri.
    3. Jadwal kuliah?
    Jawaban : selalu tepat waktu,
    4. Cara penyampaian materi?
    Jawaban : cara penyampaian materi yg di lakukan sangat baik dan mudah di mengerti.
    5. Contoh kasus yang di berikan?
    Jawaban: membuat tabel dan query transaksi penjualan, membuat surat lamaran kerja,undangan,membuat rekap nilai menjumlah dengan formula microsoft excel.

  38. Edwin Nathanael ( C1257201114 ) says:

    Selamat Sore Bapak…
    Menurut komentar dan saran saya mengenai perkuliahan Aplikasi Perkantoran II sebagai berikut:
    a. Materi yang di sampaikan lumayan jelas.
    b. Media/alat bantu perkuliahan menurut saya lumayan bagus tp ac nya di lab baru itu terlalu dingin :D
    c. Jadwal perkuliahan menurut saya tidak ada masalah atau kendala
    d. Cara penyampaian materi lumayan baik,tapi terkadang ada sebagian dari kami lambat mengerti tentang materi tersebut
    e. Contoh/kasus yang diberikan,menurut saya lumayan susah jikalau tidak memperhatikan/mengikuti tentang contoh/kasus yang bapak berikan

  39. Rolina C1257201038 says:

    A.Materi yang disampaikan : cukup memuaskan dan sangat membantu bagi yang benar-benar memperhatikan.

    B.Media/Alat bantu perkuliahan : masalah alat bantu saya rasa kurang memuaskan termasuk alat bantunya seperti komputer yang sebagian yang tidak dapat digunakan,,dan alat bantu sejenis modul cukup bagus sehingga dapat di gunakan untuk belajar di rumah.

    C.Jadwal kuliah : kalau masalah jadwal tidak ada masalah buat saya karena tidak tabrakan dengan jadwal kelas lain..

    D.Cara penyampaian materi : cukup bagus lah.. :) walaupun sedikit banyak saya kurang bisa mengikutin tapi bantuan modul saya bisa mencoba di rumah untuk belajar..

    E.Contoh/kasus yang diberikan : untuk contoh kasus juga tidak ada masalah, sesuai dengan perkuliahan yang di berikan dan sangat membantu sekali..

    terima kasih.

  40. igus aniko says:

    selamat sore pak saya igus aniko (C1257201107) saya akan memberikan komentar dan saran dalam rangka menyelesaikan UAS aplikasi perkantoran II
    a. materi yang disampaikan
    materi yang disampaikan bapa sangat bermampaat bagi saya pak dan berguna untuk saya pak

    b.media/alat bantu perkulihan
    saya rasa sudah cukup baik pak tapi ada sedikit yang gak bisa dipakai pak

    c.jadwal kuliahnya
    bagi saya tidak masalah pak jadwal kuliahnya

    d.cara penyampayan materi
    sangat jelas pak dan mudah dimengerti pak, hanya kami saja pak yang lambat untuk memahami materi yang bapa sampaikan

    muhun maaf ya dan bisa di maklumi dalam tulisan ini, juga muhun maaf bila ada salah saat belajar aplikasi perkantotan II

  41. NAMA : TEJANI
    NIM : C1257201106
    KELAS :C
    MT.K: APLIKASI PERKANTORAN II

    Berikan komentar dan saran anda mengenai perkuliahan Aplikasi perkantoran II ini yang meliputi:
    A. Materi yang disamaikan
    B. Media/alat bantu perkuliahan
    C. Jadwal kuliahnya
    D. Cara menyampaikan materi.
    E. Contoh/kasus yang diberikan

  42. Mareh Dayanu (C1257201072) says:

    Selamat Malam Pak..
    Komentar dan saran saya mengenai perkuliahan aplikasi perkantoran II meliputi:

    A. materi yng di sampaikan sudah mengenai sasaran materi pada ketentuan dari modul, dan itu saya terima dengan baik.

    B. media/alat bantu perkuliahan sudah memenuhi kecukupan sebagai mana layak buat kami sebagai mahasiswa untuk melakukan peratikum.

    C. Untuk Media/Alat bantu perkuliahan. Yah, saya rasa cukuplah untuk layak pakai. Namun masih ada beberapa komputer yang sulit sekali di jalankan (di hidupkan, di runing, dan terkait dengan kata rusak dan masih ada aja mouse yang sempat hilang di lab atau sebagian rusak)

    D. Contoh Kasus yg diberikan cukup rumit dan sulit tetapi memang sesuai dgn materi yg diajarkan.. tetapi sebenarnya Kasus yg diberikan sangat mudah dikerjakan dan dipahami jika memang mempelajarinya dgn benar2, hanya saja waktu yg kurang dan banyak mata kuliah lain yg harus dipelajari,.
    demikian komentar dan sarsan saya Pak,.. Kurang dan lebihnya saya mohon Maaf dan dimaklumi,.. TWRIMA KASIH bANYAK PAK ATAS SEMUANYA

  43. C1257201129 says:

    Assalamu’alaikum .. .

    Berikut mengenai tanggapan saya mengenai masa pembelajaran AP2 pada semester 2 tahun ini .. .
    A.Materi yang disampaikan sangatlah jelas, walaupun ada beberapa dari mahasiswa/i yang masih kurang memahaminya .. .
    B.Media yang digunakan saya rasa cukup, tetapi kurang memuaskan karena banyak dari media yang kurang fit untuk digunakan/di operasikan.. .
    C.Mengeani Jadwal Perkuliahan tidak ada masalah meski saya sendiri pindah kelas disebabkan oleh jadwal yang tidak memungkinkan untuk mengikuti perkuliahan .. .
    D.Cara penyampaian bapak sudah jelas dan maksimal dan sangat sabar .. .
    E.Contoh Kasus.. .akan sangat bermanfaat pelajaran ini untuk masa yang akan datang .. .

    Sekian

    Wassalamu’alaikum .. .

  44. Boby (C1257201074) says:

    A.Materi Aplikasi perkantoran ll yang di sampaikan sangat baik dan mudah diterima
    B.Media atau alat bantu perkuliahan cukup bai, walau banyak kendala.
    C.Jadwal Kuliahnya, sudah cukup baik karna tidak juga terlalu pagi.
    D.Cara Penyampaian Materi, Menurut saya untuk penyampaian bapak jelas dan detail.
    E.Contoh atau Kasus Diberikan, sangat baik karna kami lebih cepat mengerti.
    Saran Saya:
    Untuk Aplikasi perkantoran II ini untuk 2 sks menurut saya kurang karena aplikasi perkantoran sangat diperlukan dalam berkerja, lebih baik dijadikan 4 sks.

  45. Rocky Reinaldo k.(C1257201050) says:

    Komentar dan saran saya mengenai Perkuliahan Aplikasi Perkantoran II ini meliputi:
    A. Materi yang bapa sampaikan mnurut saya sudah cukup baik, dan jelas untuk saya mengerti dan saya pahami.
    B. Media dan alat bantu perkuliahan saya rasa sudah cukup memedai untuk perkuliahan ini, hanya saja masih ada beberapa unit komputer yang mungkin kurang dapat beroperasi dengan semesti nya, dan sering beberapa mahasiswa kesulitan mencari/tidak mendapatkan komputer yang bisa digunakan dengan baik. saran saya agar komentar saya ini dapat bapa/pihak kampus mempertimbangkan nya.
    C. Jadwal kuliah menurut saya tidak jadi masalah, selagi ada pembicaraan /koordinasi yang baik antar mahasiswa dan bapa sendri untuk menentukan waktu kuliah yang baik dan tepat.
    D. Cara penyampaian materi menurut saya bapa masih terlalu cepat untuk menjelaskan atau menginstruksikan apa yang bapa jelaskan sehingga kami sering tertinggal sewaktu mempraktekkan apa yang sedang bapa ajarkan pada kami, saran saya agar bapa dapat bertanya dulu pada mahasiswa bapa apakah ada yang masih tertinggal dalam instruksi yang bapa berikan, walaupun bapa sering kesana kemari mendatangi dan menanyakan pada kami jika terjadi kesulitan dalam mengikuti apa yang bapa ajarkan di depan.
    E. kasus yang saya alami, saya pernah tertinggal sewaktu bapa terlalu cepat menginstruksikan materi yang bapa jelaskan, saran saya agar bapa dapat bersabar sedikit jika masih ada yang tertinggal dan menerangkan lagi apa yang tadi bapa jelaskan.
    Kepada bapa yang sudah ingin menerima komentar dan saran dari saya.
    Atas jasa bapa selama ini sudah mengajar kami, saya dan mahasiswa lain nya mengucapkan terimakasih.

  46. semua tentang penyampaian,media ,jadwal dan materi pas banget..
    dan ilmu yg bapak sampaikan bermanfaat.

  47. Afri Wayunda(C1257201148) says:

    A,Materi Kuliah: Materi Yang Sudah Di Pelajari menurut Saya Sangat Baik, Sesuai Dengan Kurikulum yang Di Ajarkan…..
    B.Media Dan Alat Bantu Perkuliahan: Fasilitas Sudah Bagus, Tetapi kalo bisa Apps yang akan digunakan hendak nya sama versi nya agak tidak timbul kebingungan karena beda versi, ex: MS.Office 2003 & 2007, hendak nya apps yang di gunakan update agar tidak ketinggalan Zaman, jadi di install di seluruh Pc versi Yg Sama…
    C.Jadwal kuliah: Menurut Saya Tidak Ada masalah Selama jika Bapa(dosen yang Bersangkutan) Tidak Dapat Hadir Hendak nya konfirmasi Kepada Ketua Kelas agar di sampaikan ke mahasiswa yang lain, agar tidak terjadi pertumpahan darah,(Just kidding):D
    D.Penyampaian Materi: Menurut Bapa Cara Bapa Menyampaikan Sudah Cukup Bagus hanya Saja Di Kerenakan Ada Oknum2 yang Tidak Serius Sehingga Menganggu Aktivitas Belajar di Kelas, yang Menyebabkan hilangnya Konsentrasi pada saat materi di sampaikan…
    E.Contoh Atau kasus yang Di berikan: Menurut Saya Cukup Mudah Di Pahami, karena sudah ada modul yang di berikan, So bagi yang mempelajari nya di rumah menurut saya tidak ada masalah< :D
    Saran: kalo Bisa Contoh kasus/Tugas yang Di berikan Beragam jenis nya(beda-beda masalahnya), agar mahasiswa lebih kreatif dalam memecahkan kasus/tugas tersebut….

  48. Septian prayoga kelas A says:

    saya sampaikan komentar serta saran untuk mata kuliah Aplikasi Perkantoran II :
    A. materi yang Bapak sampaikan ke kami sudah sesuai dengan materi pada ketentuan dari modul yang bapak berikan, dan itu dapat saya terima dengan baik.
    B. media/alat bantu perkuliahan sudah memenuhi kecukupan sebagai mana layak buat kami sebagai mahasiswa untuk melakukan peratikum.
    C. Jadwal perkuliahan dapat di jalankan dengan baik dan tanpa terkecuali ada halangan yang mengakibatkan jadwal itu bisa berubah dalan keadaan tertentu tapi masih bisa kami terima…
    D. Cara penyampaian materi sangat baik dan sangat sabar..

  49. saya sampaikan komentar serta saran saya untuk mata kuliah Aplikasi Perkantoran II :
    A. materi yang Bapak sampaikan ke kami sudah sesuai dengan materi pada ketentuan dari modul yang bapak berikan, dan itu dapat saya terima dengan baik.
    B. media/alat bantu perkuliahan sudah memenuhi kecukupan sebagai mana layak buat kami sebagai mahasiswa untuk melakukan peratikum.
    C. Jadwal perkuliahan dapat di jalankan dengan baik dan tanpa terkecuali ada halangan yang mengakibatkan jadwal itu bisa berubah dalan keadaan tertentu tapi masih bisa kami terima…
    D. Cara penyampaian materi sangat baik dan sangat sabar

    terimakasih atas bimbingan bapak selama mengajar kmi dengan sabar

  50. Riesa Nadia says:

    MODUL PRAKTIKUM
    PEMROGRAMAN DATABASE
    Menggunakan Ms. Visual FoxPro 9.0

    materi dasar tentang pemograman foxpro 9.0 mudah dipahami, memberi pengetahuan lebih tentang foxpro
    materi sangat bagus, mudah untuk dimengerti,sangat membantu saya dalam pengerjaan TA saya,,trima kasih mas untuk bantuannya

  51. Assalamualaikum ..

    Pa slide materi Pengenalan Internet II masih gg bisa d download

    Comment
    Terima kasih, udah saya betulkan tapi saya gabungkan jadi satu file dengan format ZIP, silahkan dicoba lagi donlotnya ya, terima kasih…

  52. Agus says:

    Permisi Pak,
    Slide materi belajar Basis Data I yang ke 6 nya donk pak :)

    Udah Mas, silahkan di cek pada halaman download ya, terimakasih

Tinggalkan Pesan Anda di Bawah ini