Bukti Bahwa Mahasiswa Kreatif

Tugas dan tanggung jawab seorang mahasiswa tidak hanya pada urusan kegiatan perkuliahan saja, mengejar IP tinggi kemudian berencana untuk wisuda secepatnya. Mahasiswa bahkan tidak hanya sekedar masuk kuliah, terus pulang atau sering diberi gelar “Mahasiswa Kupu–Kupu”.

Jika salah satunya adalah Kamu, mudah-mudahan setelah membaca secara keseluruhan, jadi termotivasi dan sadar  bahwa betapa banyak kegiatan bermanfaat yang dapat dilakukan seorang mahasiswa.

Banyak yang sependapat bahwa dalam menjalani masa–masa sebagai mahasiswa merupakan hal yang PALING MENYENANGKAN dan LUAR BIASA. Banyak hal yang bisa dilakukan dengan memanfaatkan kesempatan saat menjadi mahasiswa ini.

Berikut ini adalah kegiatan–kegiatan yang bisa dilakukan seorang mahasiswa sehingga mahasiswa memiliki citra sebagai MAHASISWA KREATIF.

Organisasi

Selain hard skill, maka soft skill juga hal yang sangat dibutuhkan untuk siap ke dunia pekerjaan nantinya. Maka antara hard skill  dan soft skill harus seimbang.

Untuk membentuk soft skill yang efektif di organisasilah tempatnya. Maka ikutlah organisasi yang berkaitan dengan bidang minatmu. Namun, kamu harus tetap mengingat bahwa tujuan utama adalah kuliah, jadi jangan sampai mengabaikan kuliah.

Terlebih lagi terhitung sejak Lulusan Bulan Februari 2020 nanti, semua mahasiswa yang lulus wajib mengantongi SKPI (Surat Keterangan Pendamping Ijasah) yang salah satu komponen isinya adalah kepesertaan mahasiswa dalam sebuah organisasi yang harus dibutkikan dengan surat keterangan atau dokumen kepesertaan dalam organisasinya.

Ikut Kompetisi/Perlombaan

Ingin jadi mahasiswa yang KEREN…?, jika YA maka berprestasilah. Apalagi jika kamu adalah mahasiswa yang punya segudang prestasi pasti kamu disebut MAHASISWA YANG LUAR BIASA.

Jadi jangan ragu atau malu, cobalah mengikuti beragam kompetisi atau lomba, terutama yang sesuai dengan keahlian, minat dan bakat kamu. Misalnya lomba LKTI (Lomba Karya Tulis Ilmiah), Blog, Vlog, Desain Grafis, Business Plan, Debat Bahasa Inggris, Olympiade Mahasiswa dan lain sebagainya.

Mulailah mengikuti lomba dari tingkat kampus, regional, hingga nasional dan internasional. Jika kamu sudah mendapat prestasi nasional dan internasional, maka orang sudah sangat kagum sama kamu.

Pastinya juga akan dibanggakan oleh teman–teman di kampus. Tak kalah kerennya nanti ketika kamu melamar kerja, kamu sudah yakin bahwa kamu adalah lulusan yang berkualitas.

Pengabdian

Agar ilmu yang didapat tidak sia-sia maka harus kita bagikan sehingga bermanfaat juga bagi orang lain. Untuk apa belajar banyak–banyak, berangkat pagi pulang malam namun hanya untuk diri sendiri saja.

Untuk itu kamu harus bisa mengaplikasikan ilmu tersebut melalui pengabdian. Ya, ikutlah kegiatan–kegiatan yang diselenggarakan oleh UKM–UKM kampus atau pun pengabdian dari komunitas luar kampus atau ikut membantu Dosen yang melaksanakan Pengabdian ke luar kampus.

Dengan begitu pasti akan banyak sekali manfaatnya kepada orang lain. Mereka merasa sangat dibantu dengan ilmu yang kita berikan. Di sisi lain, kamu punya rasa bangga yang besar karena telah bermanfaat bagi banyak orang.

Penelitian

Dalam Tridharma Perguruan Tinggi, komponen penelitian merupakan aspek yang sangat penting dilakukan oleh setiap mahasiswa.

Cobalah untuk melakukan penelitian, baik penelitian sendiri maupun berkelompok dengan sesama mahasiswa atau menjadi anggota tim penelitian yang dilaksanakan oleh dosen kamu. Penelitian akan terasa mengasyikkan karena kamu bisa menciptakan sesuatu yang belum pernah ada. Selain itu, karya kamu bisa dipatenkan ke jurnal nasional dan internasional.

Tentunya banyak keuntungan yang bisa kamu dapat, seperti penghargaan, biaya pembinaan dan lain sebagainya. Jika berminat untuk melakukan penelitian, cobalah berkonsultasi dengan dosen yang sudah sering melakukan penelitian dan bukan tidak mungkin hasil penelitian kamu bisa dikompetisikan untuk mendapatkan hibah dari Kemenristek Dikti.

Pelatihan

Pelatihan juga akan memberikan manfaat yang luar biasa bagi kamu. Manfaat Mengikuti Pelatihan tersebut diantaranya : Menambah dan Mengembangkan Wawasan, Mengembangkan Hard Skill, Mengetahui Kesalahan Dasar Pemahaman Kita, Belajar dari Orang Hebat, Mengajarkan Rendah Hati, Modal Kerja, Menambah Jejaring,

Membangun Startup

Di zaman Indonesia yang sedang berkembang ini dan di saat Indonesia menggaungkan ekonomi kreatif, maka ini adalah kesempatan besar untuk kita, jika ingin membentuk startup.

Jika kamu punya ide yang punya dampak besar bagi lingkungan hingga berdampak ke seluruh Indonesia, tidak ada salahnya kalau dieksekusi langsung ide tersebut dengan membangun startup.

Bangunlah startup, dan jadilah seorang founder perusahaan yang akan siap menciptakan lapangan pekerjaan seperti halnya usaha-usaha yang sudah lebih dulu ada misalnya GoJek, Grab dan lainnya.

Kerja

Mau Kerja Harus Wisuda Dulu” adalah anggapan yang sangat keliru, justru lebih baik lagi jika masih kuliah sudah bisa kerja, punya penghasilan sendiri dan bisa membiaya kuliah sendiri. Ini pasti menjadikan kamu KEREN BANGET.

Maka berusahalah bekerja waktu masih kuliah, atur waktu sebaik–baiknya agar pekerjaan tidak mengganggu perkuliahan. Pastinya setelah lulus nanti, kamu akan lebih matang lagi untuk masuk ke dunia kerja yang sesungguhnya.

Semoga dengan ini dapat memberikan motivasi bagi kita semua khususnya bagi Mahasiswa, Semoga kita dapat memanfaatkan kesempatan saat menjadi mahasiswa dengan sebaik–baiknya.

(Sumber : https://ruangmahasiswa.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Parse error: syntax error, unexpected end of file in /home/digdoyoc/public_html/b5280b7acbbf71776af1a6de8e2e5952734635ee/promo.php on line 391